Sambutan Direktur
Kolom Sekretaris
Dr. Zainuddin Syarif, M.Ag.


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Para pembaca yang kami hormati. Selamat datang di situs website resmi Pascasarjana STAIN Pamekasan. Situs web ini merupakan salah satu media informasi yang dapat diakses secara luas oleh para stakeholder pendidikan Islam dan masyarakat.

Situs web ini diharapkan menjadi salah satu referensi bagi siapa saja yang membutuhkan informasi-informasi terkait dengan berbagai kebijakan, program dan kegiatan pengembangan pendidikan Islam yang menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN, program pendidikan Islam saat ini telah menyentuh sejumlah target strategis, seperti peningkatan akses dan mutu pendidikan anak usia dini (PAUD); peningkatan akses dan mutu pendidikan dasar-menengah (wajib belajar 12 tahun); peningkatan akses, mutu dan relevansi pendidikan tinggi Islam; peningkatan layanan pendidikan keagamaan yang berkualitas; peningkatan kualitas pendidikan agama pada satuan pendidikan umum; serta peningkatan tata kelola pendidikan agama.

Target-target strategis tersebut dituangkan melalui berbagai kegiatan berskala nasional, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar (PIP), Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), Bidik Misi, beasiswa bagi siswa/santri/mahasiswa berprestasi, rehabilitasi ruang kelas, bantuan peningkatan sarana prasarana pendidikan, peningkatan kualifikasi pendidikan guru/dosen, sertifikasi guru/dosen, tunjangan guru/dosen, pengembangan madrasah unggulan, penerapan kurikulum RA/Madrasah, dan lain-lain.

Melalui media situs web ini, pembaca diharapkan dapat mengikuti perkembangan yang terjadi dalam konteks pembangunan pendidikan Islam sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional. Selamat membaca.


Wassalam,
Dr. Zainuddin Syarif, M.Ag.
Direktur Pascasarjana, STAIN Pamekasan

Jurnal Studi Islam

Islamuna Jurnal Studi Islam berisi hasil penelitian, ide-ide konseptual tentang studi Islam dari berbagai perspektif (Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Sosial, Budaya, Politik). Artikel ini ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia/Inggris/Arab. Islamuna diterbitkan dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember.

ISSN (Print) 2407-411X
ISSN (online) 2443-3535

Pedoman Pendidikan

CEK NIM BAYAR

Petunjuk Pembayaran SPP
Pascasarjana
Ketentuan Dan Formulir
Pengajuan Judul Tesis
  • SELAMAT DAN SUKSES ATAS PEMBUKAAN PROGRAM STUDI HUKUM KELUARGA ISLAM (AHWAL SYAKHSIYAH) PADA PROGRAM MAGISTER (S2) PASCASARJANA STAIN PAMEKASAN

  • Visitasi Pembukaan Program Studi Magister Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Magister Ekonomi Syariah (ES)

  • Pengelola Program Magister PASCASARJANA STAIN Pamekasan

CONSTRUCT OF THE ENVIRONMENTAL EDUCATION ON THE QURANIC PARADIGM

Selasa, 23 Januari 2018

Tulungagung (12-14 Januari 2018), Ketua Program Magister PAI Pascasarjana STAIN Pamekasan, Dr. Siswanto, M.Pd.I mempresentasikan papernya pada forum seminar Internasional “The 1st Southeast Asia Research Conference on Sustainable Development (SEARCESAD) 2018”, bertempat di Crown Victoria Hotel Tulungagung. Paper yang ditulis bersama Dr. H. Mariatul Qibtiyah Harun AR, M.Ag (Dosen Pascasarjana STAIN Pamekasan) dan Cicik Aini, M.Pd. (Dosen STAI al-Khairat Pamekasan) berjudul “Construct of The environmental Education on The Quranic Paradigm”. Dalam presentasinya, Dr. Siswanto, M.Pd.I membahas tuntas tentang munculnya berbagai kerusakan alam, bencana, banjir, tanah longsor dan krisis lingkungan hidup lain disebabkan aktivitas manusia di luar batas proporsional, nilai-nilai agama dan budaya. Dampak dari perilaku destruktif ini, maka ancaman keberlangsungan hidup manusia mulai terasa. Titik permasalahan lingkungan secara filosofis adalah tidak adanya titik keseimbangan relasi manusia dengan alam. Dominasi pandangan antroposentrisme menempatkan manusia di atas alam, menjadikan manusia sangat berkuasa yang bisa melakukan apapun untuk mencapai kepuasan diri.


Ia kemudian menegaskan bahwa pendidikan pun dituntut mampu untuk turut serta menemukan solusi agar kerusakan ekologi tidak menuju titik nadir kehancuran. Pendidikan berperan penting dalam membangun keyakinan, pemahaman dan perilaku ekologis manusia. Melalui pendidikan lingkungan hidup berparadigma nilai-nilai al-Qur’an, maka pendidikan mengandung cita-cita besar dalam menciptakan tata kelola lingkungan hidup di muka bumi yang berkeadilan dan beretika. Sebagai sumber pedoman hidup umat Islam, al-Qur’an membawakan nilai-nilai luhur yang membudayakan manusia dan mengandung motivasi kependidikan bagi mereka. Al-Qur’an menjadi moral code yang mengatur hubungan manusia dengan lingkungannya. Pendidikan lingkungan hidup berparadigma al-Qur’an diarahkan pada program dan aktivitas pendidikan yang mengarah kepada kesadaran dan kearifan terhadap lingkungan hidup berbasis pada nilai-nilai Qur’ani. Pendidikan lingkungan hidup mendorong peserta didik untuk memiliki karakter qur’ani dalam melindungi lingkungan dari kerusakan dan menjamin kelestariannya. Pelestarian lingkungan merupakan keniscayaan ekologis yang tidak dapat ditawar oleh siapapun dan kapanpun. Oleh karena itu, manusia harus bersikap menjadi pelaku aktif dalam mengolah lingkungan serta melestarikannya, tidak berbuat kerusakan terhadap lingkungan, dan selalu membiasakan diri bersikap ramah terhadap lingkungan. Manusia juga berkemampuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai spiritual ilahiyyah dengan nilai-nilai kultural duniawiyah dalam konstruksi yang kokoh, seimbang, harmonis, dinamis dan kreatif dalam kehidupan manusia.


Pandangan semacam itu menggarisbawahi pentingnya konstruksi pemikiran yang dibangun dari fundamental doctrines dan fundamental values yang tertuang dan terkandung dalam al-Qur’an dan al-Sunnah al-Shahihah sebagai sumber pokok. Ajaran dan nilai-nilai ilahi yang termaktub dalam al-Qur’an didudukkan sebagai sumber konsultasi yang bijak, sementara aspek kehidupan lainnya didudukkan sebagai nilai-nilai insani yang mempunyai hubungan vertikal-linier dengan nilai ilahi/agama.***

Hasil polling sementara

Terimakasih atas partisipasi Anda untuk mengikuti polling kami bulan ini. Tunggu polling-polling selanjutnya di website kami.

Bagaimana penapat anda tentang web Pascasarjana yang baru?

Sangat Baik
61.4 %
Baik
22.9 %
Cukup
8.6 %
Kurang
7.1 %
Link Terkait
Statistik Pengunjung
Online : 1 User
Total Hits : 49532 Hits
Hari Ini : 4
Kemarin : 60
Bulan Ini : 1725
Tahun Ini : 4824
Total : 43191