Sambutan Direktur
Kolom Sekretaris
Dr. Zainuddin Syarif, M.Ag.


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Para pembaca yang kami hormati. Selamat datang di situs website resmi Pascasarjana STAIN Pamekasan. Situs web ini merupakan salah satu media informasi yang dapat diakses secara luas oleh para stakeholder pendidikan Islam dan masyarakat.

Situs web ini diharapkan menjadi salah satu referensi bagi siapa saja yang membutuhkan informasi-informasi terkait dengan berbagai kebijakan, program dan kegiatan pengembangan pendidikan Islam yang menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN, program pendidikan Islam saat ini telah menyentuh sejumlah target strategis, seperti peningkatan akses dan mutu pendidikan anak usia dini (PAUD); peningkatan akses dan mutu pendidikan dasar-menengah (wajib belajar 12 tahun); peningkatan akses, mutu dan relevansi pendidikan tinggi Islam; peningkatan layanan pendidikan keagamaan yang berkualitas; peningkatan kualitas pendidikan agama pada satuan pendidikan umum; serta peningkatan tata kelola pendidikan agama.

Target-target strategis tersebut dituangkan melalui berbagai kegiatan berskala nasional, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar (PIP), Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), Bidik Misi, beasiswa bagi siswa/santri/mahasiswa berprestasi, rehabilitasi ruang kelas, bantuan peningkatan sarana prasarana pendidikan, peningkatan kualifikasi pendidikan guru/dosen, sertifikasi guru/dosen, tunjangan guru/dosen, pengembangan madrasah unggulan, penerapan kurikulum RA/Madrasah, dan lain-lain.

Melalui media situs web ini, pembaca diharapkan dapat mengikuti perkembangan yang terjadi dalam konteks pembangunan pendidikan Islam sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional. Selamat membaca.


Wassalam,
Dr. Zainuddin Syarif, M.Ag.
Direktur Pascasarjana, STAIN Pamekasan

Jurnal Studi Islam

Islamuna Jurnal Studi Islam berisi hasil penelitian, ide-ide konseptual tentang studi Islam dari berbagai perspektif (Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Sosial, Budaya, Politik). Artikel ini ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia/Inggris/Arab. Islamuna diterbitkan dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember.

ISSN (Print) 2407-411X
ISSN (online) 2443-3535

Pedoman Pendidikan

CEK NIM BAYAR

Petunjuk Pembayaran SPP
Pascasarjana
Ketentuan Dan Formulir
Pengajuan Judul Tesis
  • SELAMAT DAN SUKSES ATAS PEMBUKAAN PROGRAM STUDI HUKUM KELUARGA ISLAM (AHWAL SYAKHSIYAH) PADA PROGRAM MAGISTER (S2) PASCASARJANA STAIN PAMEKASAN

  • Visitasi Pembukaan Program Studi Magister Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Magister Ekonomi Syariah (ES)

  • Pengelola Program Magister PASCASARJANA STAIN Pamekasan

PENINGKATAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Selasa, 23 Januari 2018

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan studi wawasan yang dilaksanakan oleh Pascasarjana STAIN Pamekasan yang berlangsung di Gedung Pertemuan FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 9 Mei 2017. Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan oleh Direktur Pascasarjana STAIN Pamekasan (Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag). Kegiatan ini diikuti oleh para mahasiswa semester 3 (tiga) pascasarjana STAIN Pamekasan. Dalam sambutannya, Direktur Pascasarjana mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin untuk pada semester genap Tahun Akademik 2016/2017. Kegiatan ini merupakan kegiatan penting dalam rangka mengembangkan keilmuan mahasiswa sesuai dinamika ilmu pengetahuan dan teknologi. Secara khusus, kegiatan dilaksanakan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai ajang silaturrahim dan bentuk realisasi dari kerja sama kelembagaan yang telah ditandatangani oleh kedua pihak, terutama dalam bidang pengembangan sumber daya mahasiswa.


Selanjutnya, Dr. Muqowim, M.Ag, yang memberikan sambutan atas nama pimpinan FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk kegiatan ilmiah yang perlu dikembangkan, terutama berkenaan dengan semangat mahasiswa pengembangan kapasitas kepemimpinannya sebagai pengelola pendidikan Islam. Ia pun mengundang para mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan yang ia gelar bersama dengan mahasiswa pascarjana FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan yang dipandu oleh moderator, Dr. Siswanto, M.Pd.I (Ketua Program Magister PAI Pascasarjana STAIN Pamekasan) bertema “Peningkatan Kepemimpinan Transformatif dalam Pendidikan Islam”. Dalam awal kuliahnya, Dr. Ema Marhumah menyampaikan tentang urgensi kepemimpinan dalam pendidikan. kepemimpinan menjadi modal utama dalam membangun cita-cita bersama. Ia mengungkap pendapat Hungtington tentang “multiple identities” yang menjadi bagian tak terpisahkan dalam proses kepemimpinan. Di antara identitas tersebut adalah Physically [skin, hair, height, age], Geography, Economic background, Culturally, Politically, Sosially dan Gender Selanjutnya, ia mengemukakan bahwa keberhasilan penyelenggaraan pendidikan sangat tergantung pada kemampuan kepemimpinan mengelola sumber daya manusia dan sumber daya lainnya. Sebaik apapun sumber daya yang dimiliki, ketika para pemimpin pendidikan tidak mempunyai paradigma dan visi yang futuristik maka sumber daya tersebut hanya akan menjadi tumpukan sumber yang kurang fungsional.


Karena itu, perubahan mindset pemimpin pendidikan menjadi prioritas utama jika ingin terjadi perubahan dalam proses pendidikan. Kualitas mutlak kepemimpinan pendidikan adalah visi. Visi merupakan gambaran (wawasan) tentang lembaga pendidikan yang diinginkan di masa jauh ke depan. Visi merupakan sasaran agung. Pada level personal, visi itu sama dengan cita-cita (walaupun tidak sekadar cita-cita). Pada level lembaga visi merupakan gambaran masa depan yang ingin diciptakan. Dalam mewujudkan kepemimpinan yang visioner, maka seorang pemimpin pendidikan perlu memegang prinsip-prinsip Menciptakan pengaruh positif terhadap orang lain, Menetapkan prioritas yang tepat, Membangun integritas, Menciptakan perubahan yang positif, Menyelesaikan masalah, Memiliki perilaku positif, Mengembangkan manusia, Memiliki Visi, Disiplin diri dan Mengembangkan staf.

Hasil polling sementara

Terimakasih atas partisipasi Anda untuk mengikuti polling kami bulan ini. Tunggu polling-polling selanjutnya di website kami.

Bagaimana penapat anda tentang web Pascasarjana yang baru?

Sangat Baik
61.4 %
Baik
22.9 %
Cukup
8.6 %
Kurang
7.1 %
Link Terkait
Statistik Pengunjung
Online : 1 User
Total Hits : 49530 Hits
Hari Ini : 2
Kemarin : 60
Bulan Ini : 1723
Tahun Ini : 4822
Total : 43189