Sambutan Direktur
Kolom Sekretaris
Dr. Zainuddin Syarif, M.Ag.


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Para pembaca yang kami hormati. Selamat datang di situs website resmi Pascasarjana STAIN Pamekasan. Situs web ini merupakan salah satu media informasi yang dapat diakses secara luas oleh para stakeholder pendidikan Islam dan masyarakat.

Situs web ini diharapkan menjadi salah satu referensi bagi siapa saja yang membutuhkan informasi-informasi terkait dengan berbagai kebijakan, program dan kegiatan pengembangan pendidikan Islam yang menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN, program pendidikan Islam saat ini telah menyentuh sejumlah target strategis, seperti peningkatan akses dan mutu pendidikan anak usia dini (PAUD); peningkatan akses dan mutu pendidikan dasar-menengah (wajib belajar 12 tahun); peningkatan akses, mutu dan relevansi pendidikan tinggi Islam; peningkatan layanan pendidikan keagamaan yang berkualitas; peningkatan kualitas pendidikan agama pada satuan pendidikan umum; serta peningkatan tata kelola pendidikan agama.

Target-target strategis tersebut dituangkan melalui berbagai kegiatan berskala nasional, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar (PIP), Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), Bidik Misi, beasiswa bagi siswa/santri/mahasiswa berprestasi, rehabilitasi ruang kelas, bantuan peningkatan sarana prasarana pendidikan, peningkatan kualifikasi pendidikan guru/dosen, sertifikasi guru/dosen, tunjangan guru/dosen, pengembangan madrasah unggulan, penerapan kurikulum RA/Madrasah, dan lain-lain.

Melalui media situs web ini, pembaca diharapkan dapat mengikuti perkembangan yang terjadi dalam konteks pembangunan pendidikan Islam sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional. Selamat membaca.


Wassalam,
Dr. Zainuddin Syarif, M.Ag.
Direktur Pascasarjana, STAIN Pamekasan

Jurnal Studi Islam

Islamuna Jurnal Studi Islam berisi hasil penelitian, ide-ide konseptual tentang studi Islam dari berbagai perspektif (Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Sosial, Budaya, Politik). Artikel ini ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia/Inggris/Arab. Islamuna diterbitkan dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember.

ISSN (Print) 2407-411X
ISSN (online) 2443-3535

  • SELAMAT DAN SUKSES ATAS PEMBUKAAN PROGRAM STUDI HUKUM KELUARGA ISLAM (AHWAL SYAKHSIYAH) PADA PROGRAM MAGISTER (S2) PASCASARJANA STAIN PAMEKASAN

  • Visitasi Pembukaan Program Studi Magister Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Magister Ekonomi Syariah (ES)

  • Pengelola Program Magister PASCASARJANA STAIN Pamekasan

  • Kuliah Umum "Meningkatkan Kepemimpinan Sekolah dan Guru Menyongsong GEN-Y" Bersama Assoc. Prof. Dr. Yahya Don

Visitasi Pembukaan Program Studi Magister Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Ekonomi Syariah (ES)

Senin, 27 Maret 2017

PASCASARJANA- pada hari selasa, 21 Maret 2017 bertempat di pascasarjana hadir Bapak Dr. Abdul Mukti Bisri, M.Ag, Dr. A. Rofiq Zainul Munim, M.Ag, Ahmad Mahfud, M.Ag selaku asesor DIKTIS KEMENTRIAN AGAMA guna melkaukan visitasi program studi Magister Hukum Keluarga Islam dan Ekonomi Syariah


Dalam pemapran presentasi Prodi HKI ketua jurusan syariah menyatakan bahwa sudah waktunya prodi magister HKI di buka dengan pertimbangan (1) 6 Dosen tetap ber-kualifikasi Doktor sesuai prodi HKI dengan kepangkat > IV/a Lektor Kepala (7 dosen dalam penyelesaian Disertasi di Universitas dalam/luar negeri terkemuka); (2) Prodi AHS S1 Sejak 1997(20 Tahun) dan terakreditasi 3 kali (2004,2008,2014) predikat B (Nilai 356), tahun 2017 target mendapat nilai A (3) Program Studi S1 AHS/HKI sudah meluluskan alumni +/- 650 orang yang terserap di berbagai lapangan kerja bidang Hukum dan pranata sosial exp. Pengadilan, KUA, Pemda (PNS), Perbankan Syariah, Advokad, Dosen di PTKI, Legislatif, Mediator, dll (4) Berkembang Pesat dengan peminat yang terus meningkat pada prodi S1 AHS dan HES (3-4 kelas setiap angkatan); (5) Memiliki Jurnal Terakreditasi Nasional (12 M/Kp/II/2015) terindeks DOAJ (Mendapat predikat Jurnal Bereputasi Internasional oleh Kemeristek dikti 2015 dan 2016); (6) Jejaring dan kemitraan dengan lembaga lokal, Nasional dan Internasional


Market share (1) Belum ada Prodi Magister Hukum Keluarga Islam di Perguruan Tinggi di Madura; (2) Jarak yg jauh dari STAIN Pamekasan – UIN Sunan Ampel 120 km /4 Jam Perjalan (yang Memiliki S2 Sejenis) dan (3) Di Bukanya Prodi-Prodi S1 Rumpun Syariah d PTKIS , Fakultas-fakultas dan Sekolah Tinggi Ilmu Syariah di 4 kabupaten di Madura, diwaktu yang sama juga dilakukan presentasi oleh direktur dan dari perwakilan jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam

Hasil polling sementara

Terimakasih atas partisipasi Anda untuk mengikuti polling kami bulan ini. Tunggu polling-polling selanjutnya di website kami.

Bagaimana penapat anda tentang web Pascasarjana yang baru?

Sangat Baik
66.7 %
Baik
22.9 %
Cukup
4.2 %
Kurang
6.2 %
Link Terkait
Statistik Pengunjung
Online : 1 User
Total Hits : 36512 Hits
Hari Ini : 70
Kemarin : 107
Bulan Ini : 2327
Tahun Ini : 16212
Total : 30951