Sambutan Direktur
Kolom Sekretaris
Dr. Zainuddin Syarif, M.Ag.


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Para pembaca yang kami hormati. Selamat datang di situs website resmi Pascasarjana STAIN Pamekasan. Situs web ini merupakan salah satu media informasi yang dapat diakses secara luas oleh para stakeholder pendidikan Islam dan masyarakat.

Situs web ini diharapkan menjadi salah satu referensi bagi siapa saja yang membutuhkan informasi-informasi terkait dengan berbagai kebijakan, program dan kegiatan pengembangan pendidikan Islam yang menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN, program pendidikan Islam saat ini telah menyentuh sejumlah target strategis, seperti peningkatan akses dan mutu pendidikan anak usia dini (PAUD); peningkatan akses dan mutu pendidikan dasar-menengah (wajib belajar 12 tahun); peningkatan akses, mutu dan relevansi pendidikan tinggi Islam; peningkatan layanan pendidikan keagamaan yang berkualitas; peningkatan kualitas pendidikan agama pada satuan pendidikan umum; serta peningkatan tata kelola pendidikan agama.

Target-target strategis tersebut dituangkan melalui berbagai kegiatan berskala nasional, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar (PIP), Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), Bidik Misi, beasiswa bagi siswa/santri/mahasiswa berprestasi, rehabilitasi ruang kelas, bantuan peningkatan sarana prasarana pendidikan, peningkatan kualifikasi pendidikan guru/dosen, sertifikasi guru/dosen, tunjangan guru/dosen, pengembangan madrasah unggulan, penerapan kurikulum RA/Madrasah, dan lain-lain.

Melalui media situs web ini, pembaca diharapkan dapat mengikuti perkembangan yang terjadi dalam konteks pembangunan pendidikan Islam sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional. Selamat membaca.


Wassalam,
Dr. Zainuddin Syarif, M.Ag.
Direktur Pascasarjana, STAIN Pamekasan

Jurnal Studi Islam

Islamuna Jurnal Studi Islam berisi hasil penelitian, ide-ide konseptual tentang studi Islam dari berbagai perspektif (Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Sosial, Budaya, Politik). Artikel ini ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia/Inggris/Arab. Islamuna diterbitkan dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember.

ISSN (Print) 2407-411X
ISSN (online) 2443-3535

Pedoman Pendidikan

Pedoman Penulisan
Karya Ilmiah

CEK NIM BAYAR

Petunjuk Pembayaran SPP
Pascasarjana
Ketentuan Dan Formulir
Pengajuan Judul Tesis
  • SELAMAT DAN SUKSES ATAS PEMBUKAAN PROGRAM STUDI HUKUM KELUARGA ISLAM (AHWAL SYAKHSIYAH) PADA PROGRAM MAGISTER (S2) PASCASARJANA STAIN PAMEKASAN

  • Visitasi Pembukaan Program Studi Magister Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Magister Ekonomi Syariah (ES)

ORIENTASI STUDI: MENYIAPKAN LULUSAN MAGISTER YANG KOMPETEN, KOMPETITIF DAN RELIGIUS

Jumat, 20 April 2018

 


Pada hari Senin, 12 Februari 2018, Pascasarjana menggelar orientasi studi mahasiswa baru. Kegiatan ini bertema “Orientasi Studi: Menyiapkan Lulusan Magister yang Kompeten, Kompetitif dan Religius”. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua STAIN Pamekasan (Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag). Dalam sambutannya, ia menyampaikan tentang visi dan misi STAIN, pengembangan kelembagaan mengenai jumlah program studi, jumlah mahasiswa, termasuk perkembangan transformasi kelembagaan dari STAIN Pamekasan ke IAIN Madura. Selanjutnya, ia juga mengajak mahasiswa Pacasarjana terus menerus mengembangkan keilmuan sesuai dengan program studinya, yang pada gilirannya juga akan berkontribusi terhadap perguruan tinggi ini.


Pada sesi berikutnya, Direktur Pascasarjana menyampaikan tentang orientasi keilmuan di Pascasarjana. Ia mengungkapkan bahwa menempuh pendidikan di jenjang Strata 2 (pascasarjana) berbeda dengan menempuh pendidikan di jenjang Strata 1. Perbedaannya terletak pada aspek kedalaman dan keluasan keilmuan yang dikaji serta penerapan bidang ilmu yang dimiliki. Selanjutnya, ia mengungkapkan bahwa secara keilmuan ditekankan pada kemampuan menulis secara ilmiah. Oleh karenanya, secara metodologis, mahasiswa pascasarjana harus mampu menguasai berbagai konsep dan teori mengenai bidang pendidikan Agama Islam dan Hukum Keluarga Islam.Menurutnya, pengembangan keilmuan di Program magister berada pada level “to develope”, untuk mengembangkan, bukan sekedari mengetahui teori yang ada. Berikutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang sistem pendidikan di Pascasarjana STAIN Pamekasan. Materi ini disajikan oleh Dr. Siswanto, M.Pd.I (Ketua Program Magister PAI Pascasarjana STAIN Pamekasan). Di awal pemaparannya, ia menyampaikan visi, misi dan profil lulusan program magister PAI. Visinya adalah Menjadi Program Magister yang kompetitif di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam dalam mengkaji dan mengembangkan ilmu pendidikan Islam. Sedangkan profil lulusannya adalah Master Teacher PAI pada Sekolah dan Madrasah; Dosen PAI pada Program Diploma dan Sarjana; dan Pengembang Pendidikan Agama Islam. Selanjutnya, ia menjelaskan tentang sistem perkuliahan yang berlangsung di Pascasarjana STAIN


Pamekasan. Sesuai dengan pedoman penyelenggaraan akademik, sistem perkuliahan menggunakan sistem SKS dan dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan. Di samping itu, ia menjelaskan tentang cuti kuliah, beban sks dan masa studi, serta penilaian. Di akhir uraiannya ia menekankan akan pentingnya kejujuran akademik. Menurutnya, kejujuran akademik merupakan sikap mental dan perilaku aktual yang menjunjung tinggi kebenaran ilmiah dan sekaligus menghindarkan diri dari semua bentuk kecurangan ilmiah berkaitan dengan tugas-tugas, ujian mata kuliah dan/atau ujian tesis. Bagi mahasiswa yang melakukan kecurangan akademik, maka ia akan dikenakan sanksi berupa tidak lulus dalam mata kuliah, pemberhentian sementara (skorsing), dan/atau pemberhentian tetap sebagai mahasiswa pascasarjana STAIN Pamekasan.


Selanjutnya, Achmad Firdausi memberikan orientasi tentang layanan akademik. Menurutnya, layanan akademik Pascasarjana diatur sesuai dengan pedoman akademik yang berlaku. Berkaitan dengan teknik layanan, bisa dilakukan secara off-line dan on-line. Untuk memudahkan komunikasi, ia menyarankan untuk membuat forum media sosial. Sehubungan dengan perubahan pembayaran dari BRI ke BRISyariah, ia menganjurkan kepada mahasiswa untuk senantiasa memahami mekanisme pembayaran sehingga tidak ada masalah di kemudian hari. Pada sesi berikutnya, penyampaian orientasi layanan perpustakaan yang disampaikan oleh Affan, S.Pd.I. Pada sesi ini, ia menyampaikan beberapa ketentuan pelayanan perpustakaan diantaranya tentang tata tertib kunjungan ke perpustakaan, yaitu: 1) Pemustaka harus meletakkan tas, jaket, almamater di locker; 2) Laptop, android, HP, dompet, perhiasan, dan barang yang berharga harap dibawa; dan 3) Ketika melakukan transaksi peminjaman, perpanjangan dan pengembalian, pemustaka memberikan kartu anggota ke pengelola perpustakaan. Untuk mengoptimalkan kegiatan ini, narasumber memodifikasi dengan tanya jawab/ diskusi agar para peserta dapat melakukan feedback terhadap materi yang disampaikan.

Hasil polling sementara

Terimakasih atas partisipasi Anda untuk mengikuti polling kami bulan ini. Tunggu polling-polling selanjutnya di website kami.

Bagaimana penapat anda tentang web Pascasarjana yang baru?

Sangat Baik
63.0 %
Baik
17.8 %
Cukup
8.9 %
Kurang
10.4 %
Link Terkait
Statistik Pengunjung
Online : 1 User
Total Hits : 117330 Hits
Hari Ini : 58
Kemarin : 140
Bulan Ini : 2869
Tahun Ini : 36514
Total : 110779